Monday, July 23, 2012

Yes, We Are the 5% Independent

Meskipun jagoan gue Faisal Basri - Biem Benyamin hanya di posisi 4 dengan +/- 5 % suara pada Pemilukada DKI kemarin, tapi bangga gue jadi bagian dari 5% itu. Gue bangga karena kita udah berjuang menunjukkan pada mereka bahwa setidaknya kita masih punya idealisme yang layak untuk diperjuangkan. Gue juga salut sama sukarelawan yang rela mengorbankan waktu tenaga dan pikiran mereka tanpa dibayar, artis dan public figure yang mendukung tanpa mengharap dibayar dan memang sukarela tanpa dibayar, bahkan Faisal Basri jual rumah salah satu pribadinya untuk dana kampanye-nya., dan semua pihak yang Berdaya Bareng-Bareng untuk perubahan, berdiri melawan oligarki partai politik dan cukong-cukong dibaliknya. Gue bangga jadi bagian dari mereka.




Faisal - Biem hanya menghabiskan 4,1 Milyar, paling kecil dari semua calon. Dana ini didapat dari jualan merchandise, garage sale, saweran dari pendukungnya, lelang benda seni, dan yang pasti dana yang didapet bukan dari bandar besar maupun partai politik. Bandingkan dengan calon lain yang di back-up partai untuk mendanai kampanyenya. Foke - Nara menghabiskan lebih dari 62 Milyar rupiah, atau Jokowi - Ahok (27,5 M), Alex - Nono (24,6 M), Hidayat - Didik (21,5 M). Apakah partai yang mengusung mereka dengan sukarela menghabisakan dana bermilyar-milyar tanpa mengharap pamrih? saya rasa tidak mungkin tanpa pamrih  No free lunch dalam politik kan? Hebatnya lagi, dengan 4,1 M itu kita bisa finish diatas Alex - Nono! Nih urutan hasil perolehan suaranya : Jokowi - Ahok 42,6 %; Foke - Nana 34,05 %; Hidayat - Didik 11,72 %; Faisal - Biem 4,98 %; Alex - Nono 4,67 %; Hendardji - Riza 1,98 %.


And Yes... We Are The 5% Independent...!!!

No comments:

Post a Comment